16
Jan

Pulau Maspari Bakal Disulap Jadi Wisata Bahari, Apa Istimewanya?

Pulau Maspari yang berada di Kabupaten Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, bakal dikembangkan menjadi destinasi wisata bahari. Pulau yang dikenal dengan terumbu karang yang indah dan pantainya yang alami ini, bakal dibangun beberapa sarana pendukung seperti penginapan, cottage dan fasilitas akses yang memadai. Demikian diungkapkan oleh Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya, Jumat, 15 November 2019.

Menurut Mawardi, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan sangat serius mengembangkan Pulau Maspari sebagai salah satu destinasi wisata bahari dan  pusat  budidaya perikanan. Saat ini, ia telah menyiapkan masterplan pengembangan.

Pulau ini  masuk dalam kawasan terdepan berbatasan dengan Provinsi Bangka Belitung dan Lampung. Pulau Maspari ini akan menjadi ikon pariwisata, yang sangat membanggakan warga Sumsel. Harapannya, pulau ini menyedot wisatawan lokal maupun mancanegara.

Pulau Maspari sangat ideal untuk wisata pantai hingga wisata selam. Bahkan untuk camping juga sangat mendukung. Dok. Aufa Syahrizal/Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel

Untuk kelancarkan proses penyusunan masterplan Pulau Maspari tersebut, Wakil Gubernur Mawardi Yahya meminta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait, untuk memberikan kontribusinya terutama dalam pembangunan sarana akomodasi seperti  cottage, guess house serta beberapa bangunan pendukung lainnya. Termasuk peralatan dalam pengembangan bibit udang dan ikan laut, yang diharapkan dapat menjadi salah satu komoditas unggulan warga sekitar dalam  peningkatan perekonomian.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan, Aufa Syahrizal menambahkan saat ini pemda sudah membuat masterplan Pulau Maspari. Sebelumnya, telah berlangsung rapat yang dipimpin langsung oleh Wagub Mawardi guna membicarakan langkah-langkah kongkrit untuk menjadikan Pulau Maspari sebagai destinasi wisata dan pembudayaaan ikan laut serta penangkaran penyu langka.

“Pulau Maspari itu masih sangat alami dan tidak kalah dengan destinasi yang umum dikenal saat ini,” katanya.

Di Pulau Maspari, penyu-penyu liar bertelur dan bisa menjadi atraksi wisata. Dok. Humas Pemprov Sumsel