13
Jan

Fly Over tanpa Median Jalan Rawan Lakalantas

Petugas Satlantas Polresta Bandar Lampung memasang water barier di fly over Untung Suropati. Dok.Satlantas Polresta Bandar Lampung


Bandar Lampung (Lampost.co) — Pemkot Bandar Lampung diharapkan jangan abai ketika fly over Untung Suropati telah resmi beroperasi. Sebab, belum adanya median jalan sebelum dan sesudah fly over tersebut.

Tidak adanya median jalan dapat membahayakan pengemudi karena pengendara kelap memutar arah persis di depan fly over. Hal itu berpotensi bakal bertemu pengendara yang melewati fly over tersebut.

Satlantas Polresta Bandar Lampung pun mengambil tindakan untuk mencegah lakalantas dengan memasang water barier sebagai median jalan sementara. “Kami sudah memasang water barier, Sabtu, 11 Januari 2020, kemarin,” ujar Kasatlantas Polresta Bandar Lampung Kompol Reza Khomeini, Minggu, 12 Januari 2020.

Menurut Reza, pemasangan dan rekayaasa tersebut dilakukan karena menjadi titik rawan lalu lintas yang baru. “Di fly over ini belum ada rambu lalu lintas dan median jalan. Dengan adanya pembatas jalan yang dipasang agar pengguna jalan baik roda dua maupun roda empat tidak langsung berputar setelah melewati fly over agar potensi kecelakaan dapat dihindari,” katanya.

Pemasangan median jalan merupakan kewenangan dari Dinas Pekerjaan Umum Bandar Lampung.

Sebelumnya, pemkot juga berencana memasang pembatas tonase kendaraan di fly over tersebut, yakni palang setinggi 2,8 meter dan berat tonase kendaraan maksimal 5 ton.

Itu sudah direncanakan, namun kewenangannya Dinas PU,” ujar Kadishub Bandar Lampung Achmad Husna.

Sayangnya, Kadis PU Bandar Lampung Iwan Gunawan belum bisa dikonfirmasi terkait pemasangan palang pembatas dan median jalan, ponselnya tak dapat dihubungi meski dalam keadaan aktif. Beberapa waktu yang lalu Lampost.co juga coba menemuinya di kantor, namun Iwan Gunawan sedang tak ada.

Muharram Candra Lugina

BERITA https://www.lampost.co/berita-fly-over-tanpa-median-jalan-rawan-lakalantas.html

Berita Terkait