20
Jan

Jelang Tahun Baru 2020, Dishub Sumbar Imbau Pemudik Waspadai Longsor dan Jalur Rawan Macet

Menjelang Tahun baru 2020, kepadatan lalu lintas di Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) diprediksi bakal meningkat.

Prediksi meningkatnya kepadatan lalu lintas ini sehubungan dengan banyaknya masyarakat yang berwisata ke berbagai objek wisata di Sumbar.

“Kami memprediksi perpindahan orang mencapai 74.428 orang per hari dan kapasitas angkut sebesar 126.492 orang per hari.”

“Kami menyimpulkan ketersediaan angkutan umum di Sumbar sangat mencukupi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Sumbar Heri Nofiardi saat dihubungi, Sabtu (28/12/2019).

Dinas Perhubungan Sumbar mengimbau masyarakat yang melakukan mudik keluar daerah agar berhati-hati saat melewati jalan-jalan yang rawan kecelakaan, macet, dan rawan longsor agar selamat sampai tujuan.

“Bagi masyarakat yang menggunakan transportasi jalur darat untuk berhati-hati, sebab cuaca sedang ekstrem,” tambah Heri Nofiardi.

Kata dia, kalau hujan lebat atau cuaca tidak memungkinkan, tidak usah dipaksakan untuk melakukan perjalanan.

Karena Sumbar merupakan daerah pegunungan dan perbukitan yang rawan longsor.

Kemudian, tahun baru sering dimanfaatkan masyarakat untuk menikmati masa libur panjang.

Hal ini akan banyak keramaian-keramaian pada titik tertentu utamanya di daerah wisata.

“Ini pasti akan muncul kemacetan,” kata Heri Noviardi.

Pihaknya juga mengimbau agar masyarakat melakukan prediksi terhadap perjalanannya.

Jika perlu, masyarakat menggunakan GPS sebagai petunjuk.

Sementara, untuk jalur yang rawan macet gunakan jalur alternatif.

Dinas Perhubungan telah membentuk gugus tugas dengan menempatkan aparatur perhubungan di sejumlah titik macet yang bergabung dengan pihak kepolisian.

Dishub juga menyiapkan, kendaraan derek yang siap siaga di kawasan Silaing.

Tak hanya itu, di Pelabuhan Teluk bayur juga ada posko terpadu untuk angkutan kapal yang sudah mulai beroperasi sejak 18 Desember hingga 8 Januari 2020.

Dinas Perhubungan setempat juga sudah membuat posko terpadu dengan melibatkan sejumlah instansi, antara lain PolAirud, Basarnas, dan KSOP Teluk Bayur.

“Kami juga sudah mengimbau Dishub kabupaten dan kota segera melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk memonitor kendaraan dalam rangka menyambut tahun baru,” terang Heri Noviardi. (*)

SUMBER:https://padang.tribunnews.com/2019/12/29/jelang-tahun-baru-2020-dishub-sumbar-imbau-pemudik-waspadai-longsor-dan-jalur-rawan-macet?page=all