16
Apr

Progress Seksi I Tol Pekanbaru-Dumai Sudah 90 Persen

SIAK – Progress pembangunan jalan tol Pekanbaru-Dumai terus bertambah. Untuk seksi I, dari pintu titik nol sampai simpang Perawang, progress terhitung sudah 90 persen. Hal itu dikatakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pengadaan Tanah Tol Pekanbaru-Dumai Birman Simamora kepada Tribun, Jumat (15/2/2019) di gedung DPRD Siak.

Ia memastikan, untuk beberapa bulan ke depan seluruh seksi I akan rampung. Karena pada seksi ini seluruh pembebasan tanah sudah selesai. Sedangkan pada seksi 2 dari simpang Perawang, Minas ke Telaga Sam-sam Kandis masih terkendala pembebasan tanah. Meskipun untuk jalan sudah mulai dibuka hingga ke titik akhir di Dumai.

“Kita minta dukungan kepada masyarakat agar pembebasan cepat selesai. Kami juga bekerja sesuai dengan aturan berlaku, tidak ada data yang kami manipulasi,” kata dia.

Pembebasan memang sangat jelimet. Sebab, ada lahan konsesi Chevron namun warga juga memegang sertifikat.

“Negara tidak mungkin mengganti rugi bila tanah itu Barang Milik Negara (BMN). Tetapi masyarakat pemegang sertifikat juga wajar protes. Tapi kita mau ada solusi yang baik, agar pengerjaan tol dapat selesai dengan baik,” kata dia.

Pihaknya juga siap diperkarakan bila ada tudingan manipulasi data.

Ia meyakinkan, seluruh survey dan proses pembebasan lahan berdasarkan dilaksanakan dengan prosedur yang sesuai undang-undang.

Sumber : http://pekanbaru.tribunnews.com/2019/02/15/progress-seksi-i-tol-pekanbaru-dumai-sudah-90-persen